Senin, 25 Maret 2013

Keajaiban Buku MotivAction

Saya mendapat kabar gembira dari penerbit Noura Books (Mizan Group) yang memberi kabar buku perdana saya MotivAction, Raih Mimpimu Sekarang Juga! mulai nangkring di toko buku 20 April 2013. Bagi saya buku MotivAction memiliki keajaiban tersendiri.

Keajaiban ini berawal ketika tahun 2004, teman saya bernama Dana memberi saya sebuah buku yang berjudul Seinlanguage. Buku ini ditulis oleh Jerry Seinfeld dan diterbitkan pertama kali tahun 1993. Tentu saja saya menyebutnya sebagai keajaiban karena bertahun-tahun saya merindukan untuk bisa memiliki buku tersebut, tiba-tiba tanpa disangka-sangka Dana yang baru saya kenal memberikan buku tersebut cuma-cuma. Sebagai gambaran supaya tidak salah persepsi, Dana ini berjenis kelamin cowok. Bukan itu saja saya yakin dia ini cowok tulen bukan cowok KW. Jadi motifnya memberikan buku tersebut pastilah motif berbagi bukan motif asmara.

Setelah membaca buku Seinlanguage saya termotivasi untuk menulis buku. Sayangnya ini hanya sekedar motivasi yang tidak terealisasikan. 

Sewaktu menjadi host acara Sosok Pilihan yang ditayangkan Alif TV (TV kabel), saya mewawancarai Bos Mizan Group Haidar Bagir. Keinginan untuk menulis buku kembali muncul. Waktu itu saya masih malu mengungkapkan kepada pak Haidar keinginan saya untuk menulis buku dan diterbitkan oleh Mizan. Saya meminta no hp pak Haidar ketika selesai suting. Dalam hati saya waktu itu berkata, saya akan menulis buku dan diterbitkan oleh Mizan. Minimal saya udah ada modal kenal dengan Bos penerbit besar.

Keinginan ini kembali lewat tengelam oleh kesibukan. Bulan Juli 2012 dalam sebuah acara saya berbincang dengan Bong Chandra penulis buku Unlimited Wealth, 17 Hari Menuju Kebebasan Finansial. Bong menceritakan pengalamannya yang suka menunda-nunda menulis buku. Sampai akhirnya Bong melakukan Public Commitment. Menurut Bong, Public Commitment adalah bentuk komitmen yang kita sampaikan kepada orang banyak. Bong Misalnya menyatakan kepada publik bahwa buku perdananya akan terbit tanggal 1 Mei 2010. Pernyataan Bong ini direspon oleh banyak orang dengan melakukan Pre-Order, padahal bukunya belum ditulis sama sekali. Mau nggak mau Bong harus menerbitkan buku yang kemudian menjadi Best Seller tersebut sesuai dengan komitmen yang telah disampaikannya kepada publik.

Terinspirasi dengan apa yang dilakukan Bong. Saya mengikuti cara Bong. Bulan Juli 2012 saya melalui akun twitter saya menulis "Buku Perdana Saya Akan terbit Pada Bulan Oktober 2012" Dimanakah letak keajaibannya? Bukankah yang saya tulis di akun twitter saya tersebut meleset?

Tunggu lanjutannya ya ...

Picture : http://nourabooks.blogspot.com/