Kamis, 19 September 2013

Workshop Stand Up Comedy

Workshop Stand Up Comedy Iwel Sastra
Minggu 15 September 2013 bertempat di Gedung Publica Menteng Jakarta Pusat diadakan workshop stand up comedy. Workshop ini dihadiri oleh dua puluh peserta yang ingin memperdalam pengetahuan dan mempertajam kemampuan mereka sebagai stand up comedian.

Workshop ini diprakarsai oleh Iwel Sastra yang merupakan pelopor stand up comedy Indonesia dan Danny Septriadi pengamat dan penikmat stand up comedy yang selama ini juga banyak berperan sebagai comedy buddy Iwel Sastra.

Sesi pertama dibuka oleh Iwel yang  menjelaskan kembali mengenai stand up comedy. Iwel mengutarakan sifat kritisnya terhadap stand up comedy bukan tidak mendasar. Iwel berpegang teguh terhadap apa yang dikemukakan oleh pakar-pakar stand up comedy yang menjelaskan tentang apa sesungguhnya yang disebut dengan stand up comedy. Diantaranya Iwel mengutip pendapat Judy Carter penulis beberapa buku tentang stand up comedy yang juga merupakan instruktur stand up comedy di comedy workshops.

All stand up material must be organized into the setup / punch format. If your material isn’t  organized like this, you’re not doing a stand up. You might be telling a funny story but it’s not stand up 
Judy Carter, Stand Up Comedy The Book 

Dari penjelasan Judy Carter terbaca dengan tegas bahwa seseorang baru bisa dikatakan melakukan stand up comedy jika materi yang dia bawakan tersusun dengan baik dalam bentuk setup dan punchline. Pendapat senada juga diuangkan oleh beberapa pakar lainnya seperti Greg Dean, Jay Sankey dan Stevie Ray.

Apa yang dimaksud dengan setup dan punchline?

The setup is the unfunny part of a joke. It is the informative part of the joke that introduces the subject matter. The punch is where the audience laughs.
 Judy Carter : Stand Up Comedy The Book

Ahmad Aditya seorang sutradara iklan yang pernah mengikuti kursus stand up comedy di Amerika Serika menjadi pembicara pada sesi kedua. Adit, panggilan akrabnya, menceritakan pengalamannya ketika mengikuti kelas stand up comedy di Amerika. Sambil bercerita Adit meyelipkan beberapa joke yang membuat peserta tertawa.

Setelah break makan siang, giliran Danny Septriadi yang memotivasi peserta. Danny mengutip beberapa pernyataan dari Kelly Swanson diantaranya :

Writing comedy doesn’t start with finding the funny in life. It starts with finding the truth in life. No joke will work if you jump to the funny without first uncovering the truth.
Kelly Swanson

Sesi keempat kembali diisi oleh Iwel Sastra. Pada sesi ini Iwel mengajak peserta untuk mengupas buku how to write jokes yang merupakan workbook series step by step to stand up comedy yang ditulis Greg Dean. Peserta praktek menulis jokes dan kemudian secara bergiliran menyampaikan materi yang ditulis.