Senin, 15 Desember 2014

Kesempatan Dalam Kesempatan 1

Bersama rekan pelawak PASKI  (Persatuan Seniman Komedi Indonesia)


Tulisan ini merupakan kultwit yang saya share via akun twitter saya, @iwel_mc  Sabtu 6 Desember lalu. Agar tidak terlalu panjang, saya bagi menjadi 3 bagian. Yuk mari disimak :)

Di pagi yg cerah ini saya akan bicara mengenai kesempatan dalam kesempatan. Awas! Hati-hati, bukan kesempatan dalam kesempitan lho. Rumus sederhana agar karir lancar adalah dengan membuat kesempatan dan memberi kesempatan. Membuat kesempatan dengan cara bekerja sungguh-sungguh. Memberi kesempatan dengan cara sungguh-sungguh memberikannya kepada orang yg sungguh-sungguh.

Ketika saya memulai karir di dunia lawak, saya membuat kesempatan dengan mendatangi pelawak-pelawak senior seperti S Bagyo, Ateng, dan lain-lain. Dari mereka saya bukan hanya belajar melawak tapi belajar bagaimana mempersiapkan mental masuk ke dunia hiburan.

Dunia hiburan adalah dunia yang pasang surutnya terjadi dengan sangat cepat. Bisa cepat terkenal, bisa juga cepat hilang. Idealnya sih stabil eksis. Pelawak Ateng adalah salah satu pelawak yang sampai akhir hayatnya tetap mapan. Bisa membiayai anak sekolah hingga ke luar negeri. Selain Ateng, ada beberapa pelawak lain yang hidupnya mapan hingga masa tua.

Industri lawak dulu beda dengan sekarang. Pelawak dulu sangat mengandalkan penghasilan dari "off air", film dan penjualan kaset. Pelawak dulu tampil di TVRI bukan mengharapkan honor tapi untuk "personal promotion".  Honor tampil di TVRI memang minim. Pelawak atau komedian sekarang lebih enak karena bisa punya program striping dengan bayaran yang mantap per episode. Industrinya mendukung.

Kembali ke soal membuat kesempatan. Hal mendasar dari bidang apapun yang kita geluti, kita harus paham bisnisnya. Misalnya, ketika Anda ingin membuat kesempatan di bisnis online, pastikan dulu apakah bisnis yang dipilih masih siang atau masuk usia senja.

Begitu pula saat memutuskan menjadi full time comedian. Harus paham dulu, apa memang bisa hidup dari profesi ini atau menang ngetop doang. Dengan memahami bisnis dari profesi yang kita geluti, maka mimpi kita bisa terukur dengan baik. Kita optimis di alam nyata.

Iwel Sastra
Pelopor Stand Up Comedy Indonesia
Stand Up Motivator No 1 Indonesia