Selasa, 31 Maret 2015

Tips Public Speaking : 3 Hal Yang Harus Dikuasai Pembicara

Secara mendasar ada tiga hal yang sebaiknya dikuasai oleh pembicara atau trainer ketika tampil dihadapan audience. Ketiga hal tersebut adalah :

1. Kuasai ruangan. Ini bukan berarti Anda menguasai ruangan dalam arti harus memiliki ruangan tersebut, he he he. Kuasai ruangan artinya Anda sangat paham dengan situasi diruangan tersebut. Seperti posisi panggung, kualitas pengeras suara, posisi duduk audience. Termasuk Anda sebaiknya mengetahui ruangan tersebut nyaman atau tidak. Bisa jadi AC ruangan tersebut tidak memadai sehingga banyak audience yang mulai gelisah karena kegerahan atau sebaliknya AC di ruangan tersebut terlalu dingin yang membuat frekuensi kebelet pipis audience meningkat. Anda akan kesulitan mengambil perhatian audience yang gelisah meskipun materi dan cara penyajian Anda sangat menarik.

2. Kuasa materi. Ini bagian yang sangat penting karena ketika Anda menjadi pembicara atau trainer yang dinantikan oleh audience Anda adalah materi yang akan disampaikan. Menguasai materi bukan hanya mengenai isi materi namun juga cara penyajian dan penyampaiannya. Pengusaan materi ini membuat Anda terlihat seperti ahli yang tentu saja bisa meyakinkan dan mempesona audience. Istilahnya MTP, materi tebar pesona, wk wk wk.

3. Kuasai audience. Begitu Anda sudah menguasai ruangan dan menguasai materi maka Anda akan mudah menguasai audience. Mereka akan menikmati kata demi kata yang keluar dari mulut Anda. Bahkan mereka merasa rugi berpaling walau hanya sedetik saja karena takut kehilangan poin-poin penting. Mereka menahan diri untuk menoleh ke gadget mereka walaupun ada pesan mesra dari pasangannya, hi hi hi. Namun jika audience lebih sering menoleh ke gadget mereka daripada memperhatikan Anda berarti sebagai pembicara atau trainer Anda telah gagal menguasai audience.

Iwel Sastra
Stand Up Motivator No1 Indonesia - Professional Corporate Trainer - Pelopor Stand Up Comedy Indonesia