Jumat, 30 November 2012

Public Speaking

Suasana kelas public speaking Iwel Sastra
Istilah public speaking meskipun dari bahasa asing tetapi bagi sebagian orang sudah tidak asing, khususnya bagi orang Amerika.  Secara sederhana ada yang menyebutkan public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum.  Menurut saya karena disebut kemampuan maka diperlukan latihan dan jam terbang untuk mencapai kemampuan tersebut. 

Bagi beberapa orang kemampuan berbicara didepan umum merupakan bakat. Dipelajari secara otodidak.  Sebagai contoh tukang obat. Lihatlah kerumunan orang  yang terpukau mendengar aksi dan cuap-cuap tukang obat yang mencoba meyakinkan calon pembeli mengenai khasiat obatnya. Saya iseng bertanya kepada  beberapa tukang obat “apakah pernah belajar public speaking?” Jawaban mereka adalah tidak, bahkan mereka sendiri tidak tahu apa itu public speaking

Peserta kelas public speaking Iwel Sastra
Sebagai seorang public speaking coach saya menghadapi berbagai macam tipe orang yang ingin memiliki kemampuan berbicara didepan umum. Menurut saya semua orang bisa berbicara didepan umum asalkan memiliki kemauan. Bahkan dalam keadaan kepepet kemampuan berbicara didepan umum ini bisa dimunculkan. Pengalaman saya pada bulan Oktober 2012 lalu saat diundang ke sebuah acara di Manado. Beberapa jam sebelum acara dimulai, MC yang akan membawakan acara berhalangan untuk hadir. Panitia meminta saya untuk menjadi MC dadakan. Saya menolak dengan halus karena kapasitas saya waktu itu adalah sebagai pendukung acara.

Panitia acara meminta saya untuk mencarikan solusi. Saya melihat ada enam  orang perempuan cantik yang menjadi usher. Lalu saya memilih dua diantara mereka. Saya meminta panitia untuk mencarikan kostum panggung untuk mereka. Kemudian dalam waktu 10 menit saya melatih kedua perempuan ini untuk membawakan acara.  Saya memotivasi mereka dengan mengatakan mereka pasti bisa melewati semua kegugupan yang dihadapi.
Kelas public speaking Iwel Sastra

Benar saja. Kedua usher yang menjelma menjadi pembawa acara ini bisa membawakan acara dengan baik hingga selesai. Dari sini saya semakin memiliki keyakinan bahwa semua orang pasti bisa berbicara didepan umum. Hanya saja nanti akan dibedakan pembicara yang baik dan pembicara yang buruk. 

Pembicara yang baik adalah mereka yang rajin berlatih artikulasi, intonasi, pilihan kata, penguasaan materi, pandangan mata dan keberanian improviasi. Semua ini hanya bisa dimiliki dengan berlatih dan jam terbang. Serta satu lagi jangan lupa penampilan yang keren. Masak mau bicara depan umum pakai sandal jepit emangnya mau ke toilet! 

Mau Belajar Public Speaking?
http://kelaspublicspeaking.blogspot.com