Senin, 20 Juni 2016

Motivasi di Victoria Park Hongkong

Motivasi Diselingi Games Menghibur
Jumat 17 Juni 2016 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia saya berangkat ke Hongkong. Menurut jadwal seharusnya berangkat pada 23.55 namun karena alasan operasional pesawat baru berangkat sekitar pukul 00.25. Saya ke Hongkong memenuhi undangan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) yang ingin memotivasi para pekerja migran Indonesia di Hongkong. Beberapa hari sebelum berangkat saya telah mempersiapkan materi motivasi yang akan saya berikan dalam bentuk slide dan beberapa video yang berhubungan dengan materi yang akan saya sampaikan.

Pada hari Sabtu saya menemani komisioner Baznas Bapak Irsyad dan Ibu Emmy mengikuti serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pekerja migran. Kami mengunjungi kantor NGO yang selama ini mendampingi pekerja migran yang sedang menghadapi masalah serta beberapa kegiatan lain termasuk berkunjung dan sekaligus melaksanakan shalat di Mesjid Kowloon yang berlokasi di 105 Nathan Road, Tsim Sha Tsui.

Minggu 19 Juni 2016 saya menuju Victoria Park. Di depan Victoria Park seorang panitia lokal sudah menanti saya untuk bersama-sama jalan kaki menuju ke tempat acara yang berada di tengah-tengah taman. Sehari sebelumnya saya sudah mendapatkan info kalau panitia tidak menyediakan infocus sehingga tidak memungkinkan slide dan video yang telah saya siapkan untuk tayang. Hal yang membuat saya tersenyum adalah ketika saya mengetahui bahwa sound system yang tersedia ala kadarnya yaitu mic dengan pengeras suara yang berasal dari sebuah tape.

Tentu saja sebagai motivator, keterbatasan sarana yang ada tidak membuat saya patah semangat. Bagi saya mic, infocus atau flipchart adalah alat bantu. Hal yang paling penting adalah bagaimana motivasi saya bisa memberikan pengaruh kepada mindset para pekerja migran. Memberikan motivasi di tengah taman dengan sound system ala kadarnya menjadi pengalaman baru bagi saya. Acara motivasi berjalan dengan sangat baik, peserta sangat antusias bahkan ketika saya akan mengakhiri sesi motivasi saya sebagian peserta berteriak "lagi, lagi, lagi." He he he konser musik kali ah. Untuk menyenangkan hati mereka saya pun lanjut dengan materi motivasi yang jauh lebih mendalam lagi.