Senin, 01 Agustus 2016

Kunci Sukses Teamwork

Iwel Sastra bersama Tim Lenovo Indonesia
Dinginnya udara pegunungan Lembang malam hari tak menyurutkan semangat team Lenovo Indonesia. Sessi motivasi saya malam itu disambut dengan hangat dan antusias. Team Lenovo Indonesia yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini sedang bersiap untuk "making the leap" mencapai target selanjutnya.

Tentu keberhasilan perusahaan mencapai target dan mewujudkan mimpinya sangat dipengaruhi kualitas teamwork. Lalu apa kunci sukses sebuah teamwork dalam perusahaan? Bagaimana cara perusahaan bisa membangun teamwork yang tiap anggotanya memahami dan mampu mewujudkan mimpi perusahaan?

Dalam sesi motivasi teamwork malam itu, saya sampaikan ada dua kunci sukses keberhasilan sebuah team mencapai target. Pertama, memperkuat leadership dalam tim. Siapa leader dalam tim? Tentu para pimpinan, manager dan penanggung jawab team yang sudah ditunjuk oleh perusahaan. Namun yang perlu ditumbuhkan adalah semangat bahwa setiap orang dalam tim adalah pemimpin.

Setiap orang adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas setiap bagian tugas dan pekerjaannya. Kadang ada anggota tim yang meremehkan tugas dan pekerjaannya sendiri. Padahal tugas kecilnya itulah yang menggerakkan roda teamwork. Jadi buang mental "bukan orang penting" dalam diri Anda. Setiap orang dalam teamwork adalah penting. Setiap orang dalam teamwork adalah pemimpin.

Kunci sukses teamwork selanjutnya adalah komunikasi yang efektif. Dalam sebuah team, tiap anggotanya harus mengedepankan rasa saling pengertian, saling mendukung dan menjauhkan diri dari keinginan untuk saling menyalahkan. Saat ada anggota team yang melakukan kesalahan, membantunya adalah cara yang jauh lebih cepat untuk kembali 'on track' mencapai target daripada menyalahkan.

Malam itu, team Lenovo Indonesia sepakat dan siap untuk bersama-sama "Making The Leap".