Rabu, 14 Oktober 2015

Karyawan Juga Bisa Sukses, Kisah Inspiratif dari Sheryl Sandberg

Seperti biasa Senin pagi saya akan ngetwit dalam Monday Morning Motivation. #MMM Kali ini saya akan tweet kisah sukses Chief Operating Officer (COO) sekaligus salah satu direksi Facebook, Sheryl Sandberg. Ia adalah perempuan inspiratif yg sukses di jalur profesional. Bukan pengusaha. 

Perempuan satu-satunya di jajaran direksi yang memimpin perusahaan media sosial terbesar dunia ini sengaja saya pilih untuk saya tweet kisahnya di Monday Morning Motivation. Ini untuk menginspirasi teman-teman yang berprofesi sebagai karyawan. Bahwa dengan bekerja di perusahaan orang lain pun kita bisa sukses dan bersinar. 

Sebagai wanita karier, kesuksesan Sandberg dikenali bahkan hingga di tingkat dunia. Di tahun 2015 Sandberg masuk ke urutan 8 perempuan paling powerfull versi majalah Forbes. Kekayaan wanita berumur 46 thn ini diperkirakan mencapai 1.17 Miliar US$ Selain didapat dari gajinya yang bernilai 300.000 US$ Sandberg juga memiliki saham yang nilainya meroket segera setelah Facebook go public. Tak banyak yang tahu, walau terkenal dan memiliki jutaan pengguna, Facebook sebagai perusahaan tidaklah terlalu menguntungkan. 

Saat Sandberg bergabung, Facebook sedang berpikir untuk membuat sebuah website yang keren dan dibuat terkenal. Dengan tampilan keren Facebook yakin keuntungan akan datang dengan sendirinya. Sandberg memegang master ilmu bisnis dari Harvard dan punya pengalaman bekerja di Bank Dunia menangani isu ekonomi global. Ia berpikir dan membuat strategi agar Facebook bisa menghasilkan profit.

Sandberg pun memperbaiki seluruh aspek managemen di Facebook, mengusahakan agar Facebook go public dan memikirkan beragam strategi agar Facebook bisa benar-benar menghasilkan uang dari aset besar yang sudah dimilikinya. Selain berperan menjadikan Facebook perusahaan berskala global, Sandberg berperan membantu Zuckerberg menangani isu keamanan pengguna yg sempat ramai disorot. 

Di mata Zuckerberg, Sandberg adalah paket lengkap. Selain punya kemampuan managerial yg luar biasa, Sandberg juga memiliki kemampuan analisa yang tinggi, fokus dan penuh strategi. Dari Sandberg kita belajar bahwa hasil kreatifitas agar bisa "dijual" selain memiliki strategi, juga harus didukung manajemen yang baik. 

Hal yang sama dilakukan Steve Jobs ketika kembali ke Apple.  Membenahi manajemen perusahaan Apple yang saat itu sedang dalam kondisi terancam bangkrut. Yang sudah nonton film The Intern dibintangi Robert De Niro dan Anne Hathaway. Terlihat pentingnya manajemen bisnis yang rapi. 

Tulisan ini dirangkum dari twit saya @iwelsastra19 Monday Morning Motivation 12 Oktober 2015