Rabu, 14 Oktober 2015

Motivator Lucu

Banyak perusahaan yang ingin memotivasi karyawannya mencari motivator lucu. Hal ini terbukti dari pengalaman saya saat melayani permintaan berbagai perusahaan atau lembaga yang senantiasa berpesan agar saya membawakan materi motivasi dengan lucu. Menurut saya ini wajar, terutama untuk perusahaan yang sehari-hari karyawannya memang berhadapan dengan pekerjaan, deadline, target dan lain-lain. 

Namun, hal utama dan sangat penting dari sesi motivasi adalah materi berbobot yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lucu dan menyenangkan adalah cara menyampaikan materi. Jadi jangan sampai peserta motivasi terhibur habis-habisan tetapi setelah itu tidak ada dampaknya.

Saya sendiri saat diminta memberikan motivasi, sangat serius memikirkan materi yang diminta klien. Kalau sekadar lucu tentu dengan pengalaman dan latar belakang karier saya di dunia hiburan sebagai stand up comedian sangat memudahkan saya membuat materi. Akan tetapi, sesuai harapan klien, tentunya materi motivasi yang saya berikan harus memberikan dampak. Apalagi hanya dalam satu sesi motivasi singkat diharapkan orang bisa berubah.

Jadi untuk memenuhi dua harapan ini saya melakukan delivery dengan cara yang menyenangkan. Delivery atau cara menyampaikan materi motivasi selalu saya lakukan dengan cair dalam suasana yang akrab. Jokes, cerita lucu atau sekadar candaan ringan selalu saya buat relevan dengan materi dan situasi perusahaan sehingga selain membuat tertawa juga bisa menyentuh hati dan logika peserta. Dengan begitu, peserta menjadi tergugah untuk berubah menjadi lebih baik