Rabu, 18 November 2015

Menang Atau Kalah Itu Tidak Biasa

Judul tulisan ini bertolak belakang dengan istilah yang sering kita dengar, “menang atau kalah itu biasa.” Ini merupakan kalimat penghibur yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pihak yang bertanding bahwa menyelesaikan pertandingan lebih utama dibandingkan dengan hasil pertandingannya. Makna kalimat ini sebenarnya dorongan agar peserta dalam sebuah pertandingan bisa menang dengan terhormat menggunakan cara-cara yang sportif. Jika akhirnya kalah, tetap kalah dengan terhormat karena telah berusaha melakukan yang terbaik.
 
Fakta yang sesungguhnya, apakah benar menang atau kalah itu biasa? Sesungguhnya tidak! Yang berhasil memenangkan pertandingan tidak bisa disebut biasa, tetapi lebih tepat luar biasa. Yang kalah tidak bisa disebut biasa karena ini juga termasuk luar biasa. Lho kok luar luar biasa? Iya lah, biasanya menang, ini kok kalah, jadi diluar kebiasaan.

Dalam karir maupun bisnis kita harus menancapkan pada diri kita untuk menjadi pemenang. Tentu sebaik-baiknya pemenang adalah pemenang yang memenangkan pertandingan dengan cara yang baik dan benar. Bukan dengan cara yang curang bahkan menjatuhkan kompetiter dengan cara-cara yang kotor. Namun apabila kita sudah menancapkan target untuk menjadi pemenang namun kesempatan belum datang kita harus tetap mengobarkan semangat untuk menjadi pemenang tersebut di dalam hati sambil melakukan instropeksi. Pilah potensi yang kita miliki yang harus dipertahankan dan harus ditingkatkan.

Salah satu cara mudah untuk menjadi pemenang adalah membangun semangat kompetisi di dalam diri. Jika kita menyaksikan pertandingan sepakbola liga Inggris, maka kita akan disuguhkan sebuah pertandingan yang menarik. Apalagi jika pertandingan tersebut masuk dalam kategori “big match” maka kita akan menyaksikan permainan seru yang disuguhkan oleh pemain-pemain dari kedua klub yang bertanding. Bahkan ketika klub papan bawah seperti Sunderland berhadapan dengan Manchester United yang merupakan klub papan atas pertandingan tetap terlihat menarik. Ini disebabkan semangat kompetisi yang dibangun setiap klub ketika bertanding. Klub papan atas tetap memiliki semangat tinggi untuk memenangkan pertandingan meskipun sebagai kluib papan atas mereka diatas angin. Sementara klub papan bawah berusaha untuk mengalahkan klub papan atas karena menjadi gengsi tersendiri jika mereka bisa mengalahkan klub papan atas tersebut.

Jadilah pemenang karena menang atau kalah itu tidak biasa!