Selasa, 17 November 2015

Stand Up Everywhere RCTI

Stand Up Everywhere RCTI
Jumat 13 November 2015 saya diundang RCTI untuk tampil sebagai stand up comedian dalam acara terbaru RCTI yang berjudul Stand Up Everywhere. Dalam setiap episodenya program ini menampilkan 3 orang stand up comedian yang melakukan stand up comedy di sebuah tempat yang belum mereka ketahui sebelumnya. Mata dan telinga ditutup ketika menuju lokasi dan baru dibuka saat sudah berada di tengah penonton. 

RCTI menggarap Stand Up Everywhere dengan konsep reality show. Dalam episode tersebut saya tampil bersama dua orang stand up comedian lulusan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV yaitu David dan Abdur. Acara ini dipandu oleh Babe Cabita yang juga stand up comedian lulusan Stand Up Comedy Kompas TV. Saya dan rekan-rekan dalam episode tersebut kebagian melakukan stand up comedy dihadapan Walikota Jakarta Barat dan jajarannya sehabis melakukan senam pagi di halaman kantor Walikota Jakarta.

Senin malam 16 November 2015 saya menyaksikan program terbaru MNCTV berjudul Komika Vaganza. Dari segi format program ini sangat mirip dengan Stand Up Comedy Show Metro TV. Menampilkan beberapa stand up comedian yang tampil secara bergantian di hadapan penonton. Di segmen terakhir para stand up comedian ini tampil bareng membawakan gimmick yang melibatkan penonton di studio. Dari segi materi beberapa stand up comedian yang tampil masih memainkan materi yang sama ketika tampil di televisi lain. Bahkan sepertinya perlu didukung penambahan suara efek tertawa di mesin editing untuk menunjang penampilan pengisi acara.

Saat ini ada lima stasiun televisi yang telah memiliki program stand up comedy diantaranya Metro TV, Kompas TV, Indosiar, MNCTV dan RCTI. Menurut saya sukses Stand Up Comedy Academy Indosiar dalam perolehan rating dan share membuat MNCTV dan RCTI ikut menayangkan stand up comedy. Padahal gaung stand up comedy di televisi sudah dimulai semenjak tahun 2011. Mungkin karena yang baru berani menayangkan adalah tv berita dan tv berjaringan sehingga tv hiburan nasional memilih posisi wait and see

Dengan semakin banyaknya televisi menayangkan program stand up comedy menjadi kabar gembira sekaligus menuntut kewaspadaan dari para stand up comedian. Kabar gembira karena stand up comedy semakin populer di masyarakat. Kewaspadaan karena stand up comedian dituntut untuk bisa selalu memberikan yang terbaik untuk pemirsa. Apabila materi yang disajikan tidak ada perkembangan dan kedodoran karena frekuensi tampil yang semakin sering bisa membuat pemirsa cepat jenuh dan bosan. Bedanya penyanyi dan stand up comedian adalah jika penyanyi menyanyikan lagu yang sama setiap kali tampil di depan penonton yang sama, penonton semakin menikmati. Sedangkan stand up comedian setiap kali tampil dengan materi yang sama di depan penonton yang sama, penonton kecewa.